Selasa, 4 Mei 2010

7 kalimah

Salah satu tanda kepribadian seorang muslim itu adalah berzikir, mengingat Allah dengan menyebut nama-nama-Nya. Dengan dekat kepada Allah, hati jadi tenang.

1. Bismillahirrahmanirrahim.

Diucap diawal segala perbuatan. InsyaAllah, bila dah terbiasa, ia jadi refleks. Mudah untuk menjaga diri dari perbuatan buruk kerana merasa Allah melihat perbuatan kita. Dalam sebuah hadis Rasulullah menyatakan, "Bahwa setiap perbuatan baik yang tidak dimulai dengan kalimat basmalah, maka perbuatan itu tak berkah."

2. Alhamdulillah

Ungkapan syukur atas kurnia dan rahmat Allah swt. Sesungguhnyalah, syukur adalah energi kehidupan yang sangat besar & bagi manusia yang banyak bersyukur, bererti telah memiliki yang terbanyak dibanding orang lain. Mengenai hal ini difirmankan dalam QS. Ibrahim ayat 7, bahwa Allah akan menambah rahmat nikmat-Nya kepada mereka yang mampu bersyukur.

3. Astaghfirullah

Difirmankan dalam QS. Ali Imran 135, "Orang-orang yang berbuat kekejian atau menzalimi dirinya lalu ingat kepada Allah, maka minta ampunlah untuk mereka atas dosa-dosa yang dilakukan."

Sungguh Maha Suci Allah Yang Maha Sempurna y mciptakan makhluk secara sunnatullah berbuat khilaf, sekaligus Ia berikan 'ubat' bagi kekhilafan tersebut. Bagi mereka yang amalkan ubat ini, maka mereka selamat dari penyakit hati yang lebih serius. Allah Maha Pengampun, terutama bagi siapapun yang segera bertoubat & sedar telah berbuat khilaf.

4. Insya Allah

Diucapkan jika berniat hendak melakukan sesuatu di masa akan datang, mengingatkan kita, bahwa kehendak Allah adalah penentu segalanya. Tak seorangpun mengetahui apa yang akan terjadi. Itu sebabnya, tak akan pernah ada janji yang diikat 100 % antara manusia, kecuali dengan menambahkan kalimat, Insya Allah (QS. Al Kahfi, 23-24).

5. Laa Haula walaa quwwata illaa billaah.

Pengakuan terhadap kefanaan manusia dan ke-Maha Kuasanya Allah ini diucapkan ketika seseorang mengambil keputusan (berazam) & adalah pancaran dari sikap tawakal seseorang. Setelah keputusan diambil, ia bertawakal kepada Allah. Yakni sikap menerima risiko apapun yang terjadi dgn redha. (Qs Ali >Imran : 159).

6. Laa Ilaaha Illallah

Kalimah kunci pintu syurga. Banyak muslim melafaznya dalam setiap kesempatan, sayangnya, hanya sekedar refleks bibir. Kerana jika seseorang itu sedar akan hikmahnya, sungguh nikmat dan manfaat y akan diperoleh melebihi seisi dunia, mengingat kebesaran Allah SWT.

7. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun

Manusia adalah milik Allah, dan setiap inci pergerakan berada dalam genggamanNya & segala sesuatu itu pasti kembali kepada pemiliknya, Allah SWT. Insya Allah, dengan membiasakannya, lapang dada dalam menghadapi setiap perkara krn sudah menjadi takdir kita. Semakin dalam seseorang menghayati hikmah zikir ini, semakin ringan dia menghadapi kehidupan yang berat ini, tanpa stress /depresi.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...